Hama Kopi

Tanaman Kopi Rentan Diserang Hama

Hotline Tapanuli FM-- diambil dari : http://erlanardianarismansyah.wordpress.com

Siborong-borong – Tapanuli Utara, Lambas Hutasoit, Alumni salah satu universitas Jogjakarta mengungkapkan, pada dasarnya hama akan menyerang tanaman yang dianggap sanggup menjadi media kehidupannya.

Sehingga cara yang baik menghidari hama adalah menguatkan tanaman sehingga tidak dapat digunakan menjadi media kehidupan hama. “Misalnya saat musim hujan, kelembaban sangat efektif menjadi media perkembangan hama,” katanya kepada Suara Komunitas di Siborongborong.

“Selain karena jenis varian kopi yang tidak sesuai topografi Tapanuli, kelemahannya juga pada ketidak pemahaman petani terhadap efek samping obat-obat kimia, karena petani kurang memahami fungsi dan jenis obat yang digunakan,” katanya.

Menurut Lambas, hama tidak hanya dapat dibasmi dengan obat kimia saja, melainkan juga dengan pemberian suplemen olahan atau organik. “Kalau di perkebunan kita selalu menggunakan obat organik untuk menguatkan tanaman terhadap hama ,”jelasnya.

Sementara itu Informasi di dapat , penyebab rentan hama, Kepala Bagian Perkebunan Dinas Pertanian Humbang Hasundutan, Rajin Lumbantoruan menyangkal adanya kecenderungan petanilah yang tidak dapat diajak bekerjasama. Salah satu contohnya, ketika pemerintah membagikan bibit untuk peremajaan justru digunakan petani sebagai bibit untuk perluasan.

Secara Terpisah, pengamat agrobisnis Tapanuli, Sanggam Hutapea mengatakan kurang maksimalnya produksi kopi juga faktor minimnya pengetahuan petani karena lemahnya pencerahan mengenai pertanian. Bahkan,petani di Tapanuli cenderung tidak punya wadah untuk mengadu dan bertukar pikiran mengenai pertanian. “Karena itu, petani berorientasi kuantitas dan cenderung mengabaikan kualitas [U-lnwgt]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar