Buah Kersen (Talok)

Buah kersen, keres, talok atau didaerah sumatera disebut buah seri memiliki nama latinMuntingia calabura.
Nama Asing:
kerukup siam (Malaysia); datiles, aratiles, manzanitas (Filipina); Jamaican Cherry, Panama Berry, Singapore cherry (Inggris); capulin blanco (Spanyol)
Tanaman ini tumbuh didaerah Amerika Latin seperti Meksiko Selatan, Karibia, America Tengah sampai ke Peru dan Bolivia pada akhir abad-19 pohon kersen masuk ke Filipina dan meyebar diseluruh wilayah trops Asia Tenggara.

Tanaman ini tumbuh dengan dahan yang melebar sehingga bisa digunakan untuk peneduh. Buah kersen bentuknya bulat seperti kelereng dan jika sudah matang warnanya akan menjadi merah. Rasa buah ini manis, isinya berwarna putih dan ada biji yang kecil-kecil. Ketinggian pohon ini bisa sampai 12 meter, walaupun yang ada disekitar kita hanya sampai 1-4 meter. Jika tumbuhan ini tumbuh ditempat yang dikelilingi air maka buahnya akan semakin banyak.

Berdasarkan penelitian Buah ini mengandung:
Air (77,8 gram),Protein (0,384 gram), Lemak (1,56 Gram), Karbohidrat (17,9 gram), Serat (4,6 gram), Abu (1,14 gram), Kalsium (124,6 mg), Fosfor (84mg), Besi (1,18 mg), Karoten (0,019g), Tianin (0,065g), Ribofalin (0,037g), Niacin (0,554 g) dan kandungan Vitamin C (80,5 mg)

Manfaat dari tumbuhan kersen ini sebagai:
1. Antiseptik
Daun Kersen mempunyai khasiat membunuh mikroba yaitu C. Diptheriae, S. Aureus, P. Vulgaris, S. Epidemidis dan K. Rhizophil.
Caranya rebus daun kersen secukupnya dengan air 200-300 ml. kemudian saring dan minum airnya.
2. Antiinflamasi
Daun kersen juga memiliki khasiat untuk mengurangi radang (antiinflamasi) dan menurunkan panas.
3. Antitumor
Daun Kersen memiliki senyawa flanoid yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker secara invitro/laboratoris.
4. Anti Uric Acid
Buah Kersen telah dipercaya sejak lama untuk mengobati sakit asam urat. Konsumsi buah kersen sebanyak 9 butir untuk 3 kali dalam sehari, terbukti dapat mengurangi rasa nyeri akibat asam urat.

Selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar