Nilai ekspor karet diperkirakan meningkat

Nilai ekspor karet diperkirakan meningkatCetakE-mail

Selasa, 14 September 2010

Oleh: Rika Novayanti diambil dari : http://www.pn8.co.id/

JAKARTA: Nilai ekspor karet tahun ini diprediksi dapat melebihi nilai ekspor karet pada 2009 terkait dengan turunnya pasokan karet dan produk karet dunia.

Direktur Eksekutif Gabungan Pengusaha Karet Indonesia (Gapkindo) Suharto Honggokusumo memperkirakan hingga akhir tahun ini harga karet akan terus meningkat meski kemungkinan fluktuasi tetap ada.

Menurut dia, penurunan produksi karet dan produk karet yang sudah terjadi sejak bulan Juli diramalkan akan terus terjadi dengan penurunan signifikan pada bulan Oktober.


Menurut Suharto, penurunan produksi ini akan berdampak pada kenaikan nilai ekspor karet Indonesia di pasar dunia. Hal tersebut terjadi karena permintaan karet dan produk karet di pasar dunia cenderung meningkat padahal tidak ada yang dapat menutupi kekurangan pasokan karet.


Data dari BPS menunjukkan peningkatan nilai ekspor karet sudah terlihat sejak semester pertama tahun 2010. Ekspor karet yang pada semester pertama 2009 senilai US$2,07 miliar meningkat 110% menjadi US$4,34 miliar pada semester pertama tahun ini. (swi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar